- Tuesday, September 17, 2013

Google Glass untuk Dunia Kedokteran


Banyak orang yang mungkin masih bingung dalam penggunaan Google Glass. Apa lagi digunakan dalam bidang medis. Rasanya seperti terobosan baru. Tapi itulah yang diterapkan oleh tim kedokteran dari Ohio State University.
Dalam sebuah operasi lutut yang dilakukan oleh Dr. Ismail Nabeel mengenakan Google Glass untuk beberapa fungsi yang tentunya sangat berguna.


Pertama, dengan kemampuan koneksi internet yang ada, Google Glass bisa memberikan informasi secara real time mengenai data pasien, misalnya di tengah operasi si dokter butuh foto x-ray pasiean atau hasil MRI dan sebagainya. 

Kedua, Google Glass bisa digunakan untuk berkomunikasi langsung secara live layaknya video chat yang bermanfaat ketika dokter butuh bantuan dari ahli yang lain ketika menjalani operasi. Hal ini tentu saja sangat berguna ketika operasi harus dilakukan tetapi butuh dokter yang lebih ahli yang mungkin tinggal jauh dari tempat operasi bahkan lintas benua. 

Ketiga, dalam operasi yang sedang berlangsung, para mahasiswa kedokteran bisa melihat langsung jalannya operasi melalui laptop mereka sehingga sekarang tidak perlu mahasiswa harus berdiri di dalam ruang operasi yang tentu tidak nyaman, apalagi ruang operasinya sempit. 

Memang semua hal yang bisa dilakukan oleh Google Glass disini terlihat bermanfaat tapi apalah artinya Google Glass bila kita masih mengalami koneksi internet yang lambat. -_-


No comments:

Post a Comment